Sabtu, 04 April 2015

CARA MEMBUAT MESSAGE BOX PADA APLIKASI ANDROID


Message Box membuat tampilan UI (user interface) aplikasi menjadi lebih interaktif. Dalam sebuah aplikasi, pengguna dapat berinteraksi melalui message box, misal untuk menentukan kemana arah aplikasi selanjutnya. Pada dasarnya di android terdapat 2 jenis message box, berikut ini merupakan 

jenis-jenis message box pada android.
Toast : merupakan message yang muncul sementara dan tidak memiliki user interaction dengan pengguna.
Alert  : merupakan message dengan dialog box dan memiliki user interaction dengan pengguna.

Dibawah ini merupakan contoh penggunaan Message Box pada android,

Buat project baru (disini saya menggunakan IDE Eclipse, dengan nama project MessageBox), kemudian modifikasi file activity_main.xml yang terdapat pada /res/layout/ menjadi seperti ini:

kemudian modifikasi file strings.xml yang terdapat pada /res/values/ menjadi seperti ini:
dan terakhir modifikasi file MainActivity.java yang terdapat pada /src/package/ menjadi seperti berikut:



Sekarang jalankan aplikasi anda dengan tekan Ctrl + F11 pada keyboard.


Cara membuat button di eclipse berbasis android
       Langsung saja buka progam eclipse.

Selanjutnya bikin Project baru dengan cara klik FILE - New -Android Aplication project klik next terus saja sampai finish.


Sehingga tampilannya menjadi seperti ini:

Hapus saja Hello word, dengan cara di seleksi dengan kursor tekan del. Lalu cara membuat button / tombolnya drag pada plihan form widget-pilihan button-drag ke area kerja. Area kerja di sini ada 2 yaitu Grapical Layout enak di sebut yang bisa di pandang, karna menu ini akan tampak pada emulator jika kita jalankan. dan tanda bitang itu menandakan file belum di save(ctrl+s). Sedangkan area kerja kedua disini adalah activity_main.xml nama samarannya yang tidak isa dilihat, tempat ini di gunakan untuk memasukkan koding xml.


Selanjutnya kita edit tampilan button dengan are kerja grapical layout. Terlebih dahulu kita seleksidengan mouse pointer tombol yang mau kita edit. Terus edit nama button TextView- text sebagai contoh kita beri nama tombol 1. Selanjutnya kita edit id, ini adalah struktu yang utama karna di gunakan untuk memanggil button ini/ nama samarannya. kita klik Id - kita masukkan ini: @+id/btn1. Kita harus mengetahui, untuk mengedit Id di android aplicatian jangan di hapus @+id/    oke.


Selanjutnya kita masuk ke pengaturan java/classnya. Namun Sebelum itu, kita buat tampilan link setelah menu Utama ini dengan cara klik res- layout klik kanan dan pilih android xml file dan masukkan nama file xml anda, untuk mempermudah


Untuk memberi tan da bahwa itu sudah link xml yang kita buat itu benar, kita menambah tex view di are kerja:


file xml (tampilannya) sudah selesai, sekarangkita mengatur/ memberi aktivitas di tombol yang kita buat tadi dengan cara klik folder src- ap-main activity. Double klik agar tampil di lembar kerja.

Perhatikan R.Layout.activity_main.activity_main ini adalah layout di mana tombol kita tadi yang kita buat.sedangkanMainActivity.java ini gunanya untuk menampilkan layout activity_main.xml. terlihat pada skrip set contentView.
Perhatikan: File java, Huruf Pertamnya Harus Besar. Sedangkan xml harus kecil.

sekarang kita beri aktivitas jika tombol yang kita buat di activity_main bisa berjalan. dengan cara, kita tuliskan di bawah activity_main);


Sebelum kita buat lay1.class Button btn1. ini adalah variabel /nama samaran. sedangkan R.id.btn1. Ini adalah id yang kita buat saat di activity_main.xml di tombolnya.SUDAH PAHAM. Di benak kita apa fungsi kita nambahin Lay1.class kan bikin error. Aha yang penting justru ini, 2 baris yng kuning itu untuk ngecek id nya sedangkan 2 baris bawah itu ngelink nya. Lebih gampangnya Java itu Otaknya sedangkan xml badannya.  gunanya startActivity itu untuk menjalankan aktivitas yang dijalankan. kan pada bnt1.setonclik = pada saat tombol btn1 diklik aktivitas yang jalan akan di masukkan ke otak Lay1.class
Selanjutnya yang berperan penting adalah Lay1.class.
Semanggat berrow.

Selanjutnya kita buat Lay1.class dengan cara klik  src-app-klik kanan new-class. kenapa kita pilih class karna biar mudah....

Perhatikan untuk: src:untuk classnya(java).
Layout: untuk membuat xml/Tampilannya .
Pada nama ini harus sama dengan yang di MainActivity tadi yang error.
klik Finish.

 Setelah itu kita buat aktivitas, jika Lay1.class di panggil akan menampilkan Lay2 dengan cara kita menambahkan skrip:

Perhatikan R.Layout.lay2 ini adalah aktivitasnya jika di panggil akan melihatkan lay2.

Sebelum kita mencoba.jangan lupa mendaftarkan progam kita Lay1 ke android manifest. kita klik filenya.


Untuk mengaktifkan klik double di android manifest nya.
Setelah itu tulis skrip ini dibawah</activity> yang bawah sendiri.
<activity android:name=".Lay1"></activity>

.Lay1 adalah nama java yang kita daftarkan. Untuk nama xml tidak usah karna udah satu dengan javanya.

Jadi yang puenting cara membuat aplikasi android adalah javanya,xmlnya,android manifest.Tambahan orangnya harus duit(Doa,Usaha,iktiar,tawakkal).

kita run dengan emulator:

untuk cara manualnya klik kanan pada caralink/foldenya pilih run ass-android aplication.
ini hasilnya jika diklik.
Tantangan 1. Ubah tampilan button dengan gambar?
                2. Membuat tombol kembali?

tampilan sebelum di klik

tampilan sesudah di klik


Hanya itu yang dapat ditulis apabila ada kesalahan dalam pembuatan saya mohon maaf...
disini saya juga baru belajar...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar